Ide Bisnis Laundry Kiloan yang Sukses Meroket

bisnis laundry kiloan

Apakah anda termasuk orang-orang yang tinggal di dekat pusat keramaian? Seperti kos-kosan, arean kontrakan, atau di sekitar kompleks-kompleks perumahan, daerah padat khususnya daerah jabodetabek. Jika benar, bisnis ini akan cocok sekali denganmu yang ingin membangun sebuah usaha.

Eits, bukan berarti yang tidak tinggal di selain jabodetabek tidak bisa menjalankan peluang bisnis 2020 ini ya. Semua bisa kok. Lantas, ide bisnis apakah itu? Tanpa banyak basa-basi mari kita telusuri.

Jika anda merupakan seseorang yang ingin berbisnis tanpa menuntut banyak skill, terlebih lagi masalah modal menjadi kendala anda maka bisnis laundry lah solusinya. Jenis bisnis ini mempunyai peluang besar untuk memperoleh keuntungan, apalagi dijaman sekarang yang mana banyak orang terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci sendiri.

Bisnis Laundry Kiloan

Selain bisnis yang ringan untuk pemula. Bisnis ini juga bisa dijalankan di rumah lho. Ada beberapa alasan mengapa bisnis laundry harus kamu coba, diantaranya sebagai berikut.

1. Jasa Yang Dibutuhkan Orang

Seperti yang telah saya ucapkan diatas, bisnis loundry memiliki peluang besar apalagi di jaman seperti ini. Dimana orang-orang terlalu sibuk dengan apa yang dikerjakan. Mencari waktu untuk beristirahat saja susah apalagi mencuci. Dengan adanya jasa loundry, maka orang-orang tidak perlu risau lagi nasib tumpukan pakaiannya yang tidak terurus.

2. Target Pasar Yang Pasti

Peluang bisnis laundry memiliki target pasar yang cukup luas. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena semunya butuh jasa laundry seperti anak kos, pegawai, mahasiswa, dan pasangan suami-istri yang sibuk bekerja.

Itu sebabnya jika ingin menjalankan jenis usaha ini, diutamakan memiliki lokasi yang strategis. Seperti di kawasan perkuliahan, perumahan, kos-kosan, terutama di wilayah padat lainnya. Karena orang akan lebih memilih laundry terdekat, karenanya jika anda memiliki lokasi strategis maka bisa dimanfaatkan segera.

Baca juga : Konsep dan Cara Kerja Reseller

Namun jika lokasi yang akan dijadikan usaha laundry kiloan ini tidak dekat dengan rumah kost, kampus, ataupun kantor maka anda jangan bersedih. Optimalkan saja media promosi disekitar, dengan bahasa promosi laundry terdekat atau bahkan anda mau sistem jemput bola.

3. Mudah Dikerjakan

Cukup dikerjakan sendiri saja sudah bisa beroperasional. Tanpa memerlukan keahlian yang khusus. Tidak memerlukan karyawan disaat pemulaannya. Apalagi jka modal yang dimiliki sedikit, hal inilah yang menjadi pertimbangan.

4. Promosi Yang Mudah

Dalam hal promosi, bisnis loundry tidaklah sulit apalagi kita hidup di era modern. Dimana teknologi canggih sudah tersedia. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mencetak dan memasang brosur di banyak tempat.

Contoh mudahnya, anda bisa memposting sebanyak mungkin di akun sosial media yang anda miliki. Disana anda bisa berpromosi dengan leluasa, terutama dengan bahasa laundry terdekat dengan target market. Sehingga akan banyak publik yang dapat mengetahui.

5. Modal Kecil

Hal yang paling dibutuhkan yaitu mesin cuci, setrika, beserta detergen yag perlu dipersiapkan. Mulailah dengan hal yang sederhana. Jika semua peralatan inti sudah disiapkan, bisnis loundry sudah bisa dijalankan.

peluang bisnis laundry 2020
peluang bisnis laundry 2020

Persiapan Usaha Laundry

Untuk menjalankan bisnis loundry, kita perlu mengetahui cara-caranya sebagai persiapan. Apa saja persiapannya sebelum membuka bisnis laundry? Berikut ulasannya.

1. Modal

Seperti yang kita bahas diatas, bagi pemula mungkin bisa menyiapkan mesin cuci laundry, setrika, detergen, parfum laundry, dan lainnya. Jika bisnis anda mulai membesar, barulah menyewa tempat dan merekrut karyawan jika dirasa perlu.

Untuk pelengkap bisnis laundry yang akan anda jalani, bisa juga anda jual keperluan mencucuci baju seperti detergen khusus pemutih, pewangi, dan lain sebagainya.

2. Lokasi

Jika anda sudah berada di area-area strategis seperti dekat dengan kos-kosan, area kontrakan, perumahan, dan juga kampus itu artinya tempat yang anda pilih sudah tepat. Namun, jika lingkungan yang anda tinggali jauh dari lokasi strategis.

Anda bisa menyewa tempat usaha, hal ini memerlukan biaya yang cukup besar. Karenanya anda harus memperhitungkan secara matang antara resiko terburuk yang mungkin akan dialami.

3. Cara Mencuci Yang Benar

Sebelum membuka usaha pencucian alangkah baiknya anda perlu memahami cara mencuci pakaian agar tidak mengecewakan konsumen, tentu saja cara mencuci itu berbeda-beda. Misalnya anda bedakan mana kain yang mudah luntur dan mana kain yang tidak, kemudian menggunakan detergen jenis apa.

Biasanya ada pelatihan membuka peluang usaha laundry Juli 2020, atau bisa juga anda cari komunitas pengusaha laundry. Disana sering ada sesi sharing pengalaman serta trik yang wajib anda miliki seperti:

  • Cara mencuci (baju, kemeja, celana jeans, jas, gaun, dll)
  • Cara setrika
  • Cara melipat
  • dsb

4. Perhitungkan Biaya Operasional

Hal ini perlu dilakukan oleh setiap orang yang akan membuka usaha, agar anda bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang anda peroleh jika sudah dikurangi oleh pengeluaran. Pendapatan dalam satu bulan dikurangi poin berikut ini:

  • biaya listrik
  • biaya air
  • pembelian detergen dan pewangi
  • gaji para pegawai
  • service alat

Dengan melakukan perhitungan biaya operasional maka anda bisa lebih mantap serta dapat melakukan money managemen yang baik, karena setiap bisnis itu akan berjalan jika pengelolaan uang yang baik.

Hasilkan pelayanan sebaik mungkin, sehingga banyak konsumen yang memberikan kepercayaannya. Maka akan semakin banyak pula pelanggan yang diperoleh. Sekian dari saya. Selamat mencoba. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *