Ini Cara Mengecek No Resi JNE Online

Cara Mengecek No Resi

Bagi kamu yang suka belanja online tentunya harus tahu cara mengecek no resi JNE secara online. Hal ini bertujuan untuk melacak paketmu sudah sampai mana dan apakah benar-benar dikirim oleh penjual online.

Cara Mengecek No Resi JNE Secara Online

Saat belanja secara online, pembeli harus memastikan bahwa penjual adalah orang yang amanah. Salah satu cara menilai amanah atau tidaknya penjual online adalah dengan meminta no resi untuk dilacak secara online.

Baca : Shopee Seller Center

1. Minta No Resi Kepada Penjual

Setelah proses pembayaran pesanan barang-barang online yang kamu beli, selanjutnya mintalah no resi pengiriman paket kepada penjual. No resi ini adalah nomor yang tertera pada lembar bukti pengiriman paket.

Pastikan paket belanjaanmu dikirim menggunakan jasa pengiriman JNE. Hal ini untuk memudahkanmu melacaknya melalui situs online atau aplikasi JNE agar lebih aman.

2. Buka Website atau Dowload Aplikasi JNE

Kamu harus membuka website resmi JNE yaitu di www.jne.co.id . Pada website tersebut terdapat menu tracking yang artinya menu tersebut berfungsi untuk melacak kiriman paket menggunakan nomor resi.

Selain melalui website JNE juga telah memiliki aplikasi khusus. Aplikasi yang digunakan untuk cek resi JNE ini bisa langsung di download pada aplikasi Playstore. Nama aplikasi JNE adalah MyJNE dan kamu bisa memasukkan no resi pada menu tracking untuk melacak kiriman.

3. Melihat Hasil Tracking

Setelah memasukkan no resi pada menu tracking kamu bisa langsung klik buton cek resi yang ada pada sebelah kanan. Tunggu beberapa saat hingga muncul hasilnya. Selanjutnya status kiriman paket akan muncul di bawah kotak pencarian.

4. Istilah dalam Status Kiriman Paket JNE

Hasil dari cara cek no resi JNE adalah berupa beberapa istila status kiriman. Beberapa istilah tersebut mungkin membuatmu bingung karena tidak mengetahui artinya. Berikut ini adalah arti dari status-status tersebut :

  1. Manifested artinya kiriman paket dari penjual telah diterima pihak JNE dan sudah siap untuk dikirim kepada pembeli. Dalam hal ini paket masih menunggu proses pengiriman.
  2. On Transit artinya paket yang dikirim masih transit di kota yang dekat dekat pengirim. Selanjutnya akan diikutkan jadwal pengiriman menuju kota yang menjadi tujuan paket.
  3. On Process artinya paket yang dikirim berada dalam proses pengiriman. Adanya status ini biasanya proses yang ditunggu cukup lama sehingga update status selanjutnya juga lama.
  4. Received On Destination artinya kiriman paket yang menuju kota tujuan tadi telah sampai pada tujuannya yaitu kota pembeli. Paket masih menunggu lagi untuk dikirim ke alamat penerimanya.
  5. Delivered artinya paket yang dikirim sudah sampai pada alamat tujuan penerima. Paket ini sudah diterima oleh yang punya, jika bukan pemiliknya sendiri yang menerima maka perlu menanyakan kepada anggota keluarga yang di rumah pada saat paket datang.
  6. AU (Antar Ulang) artinya kurir belum sempat mengantarkan paket pada hari sebelumnya sehingga harus mengantarkan kembali paket pada hari berikutnya kepada penerima.

Beberapa cara mengecek no resi JNE di atas bisa kamu lakukan untuk mengecek barang belanjaan onlinemu. Istilah status di atas juga sangat penting untuk melihat perkembangan pengiriman paket.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.