Pengalaman Menggunakan Smartfren Unlimited Untuk Kebutuhan Desain Grafis

Pengalaman Menggunakan Smartfren Unlimited Untuk Kebutuhan Desain Grafis

Ini mungkin bukan sebatas pengalaman pribadi saya saja, diluar sana mungkin banyak teman-teman yang mengalami hal serupa. Yah, ini adalah cerita tentang penalaman saya menggunakan Smartfren untuk menunjang kebutuhan kerja dan bermain game. Sebagai desain grafis tentu saya membutuhkan kuota yang cukup stabil untuk kebutuhan browsing di internet. Misalnya untuk mencari referensi maupun ide-ide terkait gambar atau produk yang akan saya desain. Selain kebutuhan kerja, internet juga saya menfaatkan untuk hiburan melepas penat yakni dengan bermain game online atau sekedar menonton vodeo di YouTube.

Open Possibility Bersama Smartfren Community – Mengapa saya tidak menggunakan provider lain? ada banyak alasan terkait hal tersebut, salah satunya ialah sebab kuota unlimited yang ditawarkan oleh Smartfren jauh lebih murah dan sesuai dengan kebutuhan saya. Ini bukan yang pertama kali saya menggunakan kuota unlimited 28 hari, dengan hanya dibandrol dengan harga 100 ribu perbulan dengan batas penggunaan 1,5 GB perhari itu sudah lebih dari cukup bagi saya.

Pengalaman Menggunakan Smartfren Unlimited

Sebelum kita bahas terkait pengalaman saya menggunakan Smartfren Unlimited, yang perlu digaris bawahi ialah tulisan atau review ini bukan sebab saya dihubungi langsung oleh manajeman Smartfren atau di iming-imingi hadiah jika mengulas tentang Smartfren. Tulisan ini murni karena saya ingin berbagi pengalaman saja.

Langsung ke topik pembahasan, apa saja yang saya rasakan saat menggunakan Smartfren Unlimited? Pertama ialah bahwa ternyata kuota unlimited dari smartfren tidak seperti yang dibayangkan oleh salah satu teman saya. Mereka mengira bahwa menggunakan kuota internet dari smartfren lemot digunakan untuk browsing, padahal mereka juga bukan pengguna smartfren. Dan kenyataanya setelah saya gunakan untuk browsing gambar, main game, dan membuka beberapa aplikasi sosial media juga masih berjalan lancar.

Kemudian yang kedua ialah, saat saya menggunakan di jam sibuk misalnya setelah mahgrib dan sebelum jam sembilan malam. Yang saya rasakan browsing tetap lancar tanpa proses loading yang menjenuhkan. Beberapa bulan yang lalu juga sempat menggunakan Smartfren Unlimited di daerah pedesaan yang cukup sepi penduduk, meskipun tidak secepat yang biasanya namun termasuk masih tetap nyaman digunakan dibandingkan dengan proveder lain yang pernah saya gunakan.

Harga Paket Unlimited Mahal?

Ok saya akui, kalau sekedar untuk bersosial media misalnya Facebook, Twitter, atau komunikasi menggunakan WhatsApp kuota seharga 100 ribu memang terlihat mahal. Namun jika digunakan sebagai penunjang pekerjaan tentunya ini sangat murah. Coba bayangkan, hampir setiap bulan saya mendapatkan 3 hingga 5 job desain kemasan produk makanan yang per item saya hargai? “kasih tahu nggak yah?”. Yang intinya kehilangan uang modal untuk membeli kuota smartfren unlimited seharga 100 ribu, saya masih merasakan untung banyak dari fee job desain yang saya dapatkan.

Sekali lagi ini bukan soal promosi, hanya sekedar ingin memberikan informasi pada kalian. Setelah saya cek di website resminya smartfren ternyata masih banyak kuota unlimidet lain dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Ada super 4G unlimited dengan harga termurah 9 ribu dan termahal 100 ribu. Spesifikasi dan jangka waktunya juga berbeda-beda, ada yang 1 hari, 1 minggu, dan 1 bulan atau 28 hari. Selain itu ada unlimited boster yang dibandrol dengan harga mulai dari 2 ribu perhari, 5 ribu per tiga hari, dan 10 ribu per minggu.


Kesimpulan Smartfren di 2021

Apa yang saya rasakan mungkin bisa berbeda dangan orang lain, atau barangkali kita juga bisa sepakat dalam beberapa hal berikut ini.

1. Kuota smartfren unlimited 100 ribu cukup untuk kebutuhan desain ringan

Dengan harga 100 ribu smartfren menawarkan FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar dalam satu hari yakni 1,5 GB termasuk lebih dari cukup bagi saya. Sebab hanya sebatas digunakan untuk browsing gambar yang akan saya jadikan bahan inspirasi untuk mendesain. Selebihnya hanya untuk bermain game ringan dan uploud gambar ke sosial media atau klien saya. Namun jika kamu membutuhkan kuota lebih silahkan bisa coba menggunakan paket lain.

2. Sinyal lancar

Seperti apa yang sudah saya singgung di atas, selama saya menggunakan smartfren unlimidet tidak pernah mengalami kendala dan sinyal berjalan secara stabil meskipun digunakan saat jam sibuk sekalipun. Namun sedikit berbeda saat saya menggunakan smartfren ini di tempat yang jauh dari pusat keramaian, barangkali juga akan sama jika digunakan di daerah pegunungan. Ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi pihak smartfren, “iya kalau tulisan ini dibaca oleh meraka”.

3. Ada banyak pilihan paket dan simpel

Ini yang saya suka dari smartfren. Beberapa pilihan paket yang ditawarkan tidak terlalu banyak dan mudah dipahami. Berbeda dengan beberapa provider lain yang menawarkan banyak paket, namun justru bagi yang kurang cermat bisa merasa tertipu sebab ternyata apa yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dibayangkan.


Kekurangan Smartfren

Udah cape belum baca tulisan saya sob? Ok, kita lanjut bahas tentang beberapa kekurangan yang saya rasakan selama menggunakan smartfren unlimited. Rasanya kurang adil kalau smartfren dianggap sempurna tanpa kekurangan, dan ini juga penting saya sampaikan sebagai bahan pertimbangan kalian.

Kemungkinan saat kalian baca beberapa kekurangan dari smartfren di bawah ini sudah diperbaiki oleh pihak smartfren, namun yang jelas inilah yang saya rasakan saat menggunakan smartfren di bulan November 2020.

FUP sangat terbatas

Selain sebagai desain grafis saya juga sedang mencoba keberuntungan di dunia YouTube. Beberapa video tutorial dan proses pembuatan gambar saya uploud di channel YouTube. Durasi video yang cukup panjang tentu membutuhkan kuota yang besar, ini sangat tidak memungkinkan jika saya menggunakan paket internet unlimited dari smartfren dengan FUP 1,5 GB saja. Nah, untuk menguploud video ke YouTube terkadang saya harus pergi nongkrong di cafe sembari menikmati secangkir kopi.

Sinyal 4G belum merata

Ini bukan pengalaman pribadi saya, namun pengalaman pribadi teman saat kita satu mobil dan kebetulan dia ialah pengguna smartfren. Tiba-tiba smartphone yang dia gunakan tidak bisa digunakan untuk browsing, ini kemungkinan di daerah tersebut belum tersedia sinyal 4G. Meskipun demikian sebetulnya sinyal 4G sudah banyak menyebar di Indonesia, hanya di beberapa derah saja sehingga pengalaman tersebut mungkin sangat jarang ditemui.

Saat hujan sinyal sedikit terganggu

Entah ini terjadi pada pengguna kartu smartfren yang lain atau tidak, saat hujan lebat sinyal dari smartphone yang saya gunakan untuk tethering sedikit lebih lambat. Namun saat saya mencoba menggunakan smartphone milik saudara dengan provider lain hasilnya juga sama. Lebih baiknya memang saat hujan lebat paket data dimatikan terlebih dahulu, apalagi jika diiringi dengan banyak petir.

Itulah pengalaman saya menggunakan smartfren unlimited. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *