Lima Cara Ampuh Kurangi Stress

Lima Cara Ampuh Kurangi Stress

“Tugas diambang deadline, skripsi gak kelar-kelar, dosen killer abiss, gak ada pemasukan, pengeluaran makin banyak, gak ada duit, emak nyuruh nikah, doi ditikung temen. Duh gusti, stres banget sih guee ? Hidup gue kapan tenangnya? Mending mati aja lah”

Eitsss! No no no. Jangan langsung berpikir pendek gitu yah teman-teman. Mimin tau, semua orang punya masalah, bahkan gara-gara masalah tadi kita jadi kebawa stress. Aduh pusing pala ayam*eh kok pala ayam, maap-maap kepala kita maksudnya.

Manajemen Stres

Stress adalah sebuah gangguan mental yang dialami oleh seseorang yang mengakibatkan adanya sebuah tekanan pikiran, aneka tekanan tersebut timbul dari sebuah kegagalan (kesalahan) individu dalam upaya mendapatkan keinginannya. Tekanan batin seperti ini dapat timbul dari dalam dan luar orang itu.

Mimin juga sama kok, punya masalah dan seringkali terbawa stress kayak kalian. Tapi yaudahlah yaa, Datengnya kalian kesini kan bukan buat berkeluh kesah terus tapi mencari cara bagaimana sih kita mengurangi stres yang berlebihan ini?

Jangan khawatir. Dengan berkunjungnya kalian ke website ini, sama saja kalian mengurangi stress yang menggelayut di pikiran, duh ah bahasanya. Kok bisa gitu min? Nah pasti pada kepo kan apa aja tuh step-step nya.

Sebelum menuju langkah pertama, mimin mau kalian siapin kertas dan juga pulpen ya. Lho buat apa min? Buat tulis semua masalah-masalah yang membuat kalian stress akhir-akhir ini. Tulis saja semua masalah yang ada, apa saja faktor stres yang kalian alami.

Sebanyak apapun tulis, luapin emosi kalian disana. Okay, sekarang mimin anggap sudah melakukan ya? Setelah itu coret besar-besar apa yang kamu tulis tadi.

Udah nulis capek-capek kok dihapus min? Jadi, kita anggap semua masalah mu yang ada ditulisan tadi udah hilang. Clear semuanya, ini merupakan salah satu upaya manajemen stres yang bisa dibilang tokcer.

Memang sih gak semudah itu. Tapi ijinkan mimin berbagi resep ampuh yang udah mimin lakuin sendiri tips bagaimana mengurangi stress. Oke kita langsung menuju ke langkah pertama ya guys.

Biasakan diri untuk berjalan kaki

Emang gak boleh min pakai sepeda motor? Biar seger gituuu *marimas kali ah seger_- atau pakai sepeda boncengan sama doi ? * eh ini bukan film romansa ya. Dimana kalian bisa cekakak cekikik berdua sama pacar terus pelukan (auto bunga-bunga sakura berjatuhan) Lha kenapa min?

Dengan berjalan kaki, kalian bisa merilekskan tubuh jauh dengan menggunakan sepeda apalagi motor, santai aja gak usah lari kayak mau balapan. Kalian bisa menikmati setiap langkah kaki kalian dan memfokuskan diri pada hal-hal baru yang kalian belum pernah temui.

Mendengarkan musik

Yaps! Cara ini juga cukup ampuh lho dalam mengurangi stress, tapi jangan musik mellow ya. Udah nasib nelangsa nanti tambah mewek lagi kalo dijejelin sama yang begituan.

Usahakan musik yang memancing semangat kita kembali. Seperti lagu dari nidji berjudul laskar pelangi, lagu jangan nget-ngetan dari Nella Kharisma juga boleh.. Terserah kalian. Bebas.

Kunjungi perpustakaan

Bagi yang hobi baca pasti gak asing dong saat dateng ke tempat ini. Bagi mereka tuh udah kayak surga dunia.. Kalo memasuki nih tempat. Nah bagi pemula, coba kamu kunjungi perpustakaan lalu pilih salah satu buku yang kamu sukai, hindari buku-buku berat ya.

Kamu bisa coba cari buku bergenre humor ataupun yang lainnya. Bisa juga dilakukan dirumah, selagi memilik kondisi yang nyaman dan tentram

Ikuti Organisasi atau Komunitas

Gak ada salahnya kamu bergabung ke dalam organisasi. Misalnya kamu suka sastra, bisa masuk ke organisasi yang membahas seputar literasi, atau kamu yang sukanya travelling bisa juga masuk ke komunitas pendaki gunung. Dan yang lainnya. Alangkah lebih baiknya, sesuaikan dengan minat dan bakat kamu.

Kembali ke sang cipta

Ingatlah selalu pada tuhan, kalo kamu stres karena masih berpikir kekurangan ini itu, ingatlah betapa banyaknya orang dibawah kita yang lebih kekurangan, kalo kamu stress ingin mengakhiri hidup? Ingatlah bahwa banyak jutaan bahkan ribuan manusia di alam kubur sana yang memohon pada tuhan, agar ia kembali ke dunia, untuk melaksanakan perintahnya.

Menjadi manusia yang takwa, berguna, dan hal-hal positif lainnya. Untuk yang beragama islam, kalian bisa langsung mengingat Allah dengan berdzikir, dan membaca Al-quran lebih bagus lagi jika kita memahami maknanya. Karena, sebenarnya obat dari segala penyakit ada di dalam Al-quran.

Well, masih banyak lagi teman-teman yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stress. Selagi kamu niat dan bergairah untuk hidup kamu pasti bisa. Toh untuk apa kita stress? Yang ada hanya menambah beban masalah aja. Oke mungkin sekian manajemen stres dan beberapa tips yang aku lakukan bisa bermanfaat bagi kalian. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *