Cara Mengetahui Waktu Baca

Cara Mengetahui Waktu Baca

Halo teman semua, saat ini kegiatan menulis dan membaca merupakan hal yang bisa dibilang wajib dilakukan oleh semua orang. Meskipun minat baca buku sekarang menurun drastis, namun rupanya tingkat membaca masyarakat masih cukup tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai riset yang dilakukan oleh website besar, dengan menunjukkan statistik jumlah pengunjung website yang benar-benar membaca dengan yang sekedar membuka tanpa membaca. Sebut saja website pastiin.com yang menjadi Ruang Baca Anak Muda, disana bisa kita dapati waktu baca disetiap postingannya.

Orang akan menjadi malas membaca jika sudah melihat tulisan yang dianggap sangat banyak, padahal jika kemampuan membaca sudah diasah dengan baik maka itu tidak akan menjadi hambatan bagi orang tersebut.

Waktu Baca

Salahnya orang awam ialah tidak bisa memperkirakan berapa durasi lama membaca dari sebuah tulisan, ini sangat berguna agar kita tidak merasa bosan atau bermanfaat dalam memberikan estimasi waktu yang harus digunakan untuk bisa membaca tulisan secara keseluruhan.

Idealnya dalam membaca sebuah tulisan entah itu berbentuk buku maupun artikel online, kamu harus membaca dengan teliti, namun kamu bisa juga menggunakan teknik membaca cepat. Jelas saja cara membaca cepat ini harus dilatih, bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instant.

Teknik membaca cepat hanya fokus di poin bacaan saja, dengan latihan yang rutin maka lebih cepat membaca dan juga kamu akan mudah memahami isi dari tulisan.

Rumus Menghitung Kecepatan Baca

X = jumlah kata
Y = jumlah detik
Z = jumlah kata per menit

Dari variabel diatas, maka bisa digunakan rumus membaca sebagai berikut:

Z = (X / Y) x 60

Kita langsung coba melakukan perhitungan kecepatan membaca manusia sebagai berikut:

Diketahui

X = 1000 (kata)
Y = 200 (3 menit lebih 20 detik)

Maka

Z = (1000 / 200) x 60
Z = 5 x 60
Z = 300

Script PHP Menghitung Waktu Membaca

Nah dari rumus menghitung waktu membaca diatas, kita bisa implementasikan untuk kebutuhan website / blog milik kita. Tujuannya untuk membantu para pembaca melihat estimasi waktu dalam membaca, sehingga akan lebih nyaman.

Namun kita jangan berpatokan pada nilai 60 pada rumus, karena untuk pembaca artikel online biasanya orang tidak hanya berfokus pada tulisan saja melainkan akan melihat gambar dan elemen lainnya.

Oleh karena itu kita berikan nilai toleransi, yang bertujuan untuk memperlama estimasi waktu. Awalnya 60 kita ubah menjadi 90, sehingga bisa digunakan koding php sebagai berikut ini.

<?php
$kata = “bla bla bla “;
$var_x = str_word_count(strip_tags($kata));
$par_waktu = 90;
$ht_mnt = floor($var_x / $par_waktu);
$ht_dtk = floor($var_x % $par_waktu / ($par_waktu / 60));
$ht_tmpl = $ht_mnt . ‘ menit’ . ‘, ‘ . $ht_dtk . ‘ detik’;
?>

Semomga pembahasan kita mengenai cara menghitung waktu pembaca bisa bermanfaat untuk kalian semua, terlebih lagi bagi blogger atau webmaster untuk bisa mengimplementasikan pada web masing-masing. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *