Peluang Usaha Fotocopy

peluang dan ide bisnis fotocopy

Anda punya modal? Tapi gak tau mau bisnis apa? Usaha foto copy mungkin menjadi ide bisnis yang luar biasa bagi anda. Tetapi, perlu diingat. Sabar dan tidak gegabah merupakan kunci besar bagi bisnis ini. Apalagi jika anda termasuk pebisnis pemula. Sebaiknya, persiapkan dulu dengan matang. Agar nantinya anda tidak cepat merugi.

Usaha ini mungkin terlihat mahal bagi sebagian orang, disamping itu memiliki resiko modal yang macet jika tidak dapat menanganinya dengan baik. Hai ini membuat banyak orang ciut nyali dan beralih menuju ke usaha lain.

Ide Bisnis Fotocopy 2020

Oleh karena itu, kami akan berbagi tips mengenai langkah awal memulai sebuah bisnis foto copy untuk pemula. Berikut penjelasannya.

1. Persiapkan Modal

Usaha foto copy ini memerlukan modal yang tidak terbilang sedikit. Mengapa? Karena selain anda membutuhkan mesin foto copy, anda juga memerlukan sebuah tempat usaha yang jika tidak ada mau tidak mau harus menyewanya.

Modal ini perlu anda siapkan sejak awal. Anda dapat menabung terlebih dahulu atau bisa juga dengan meminjam (hutang) jika modal yang anda miliki dirasa tidak cukup. Kedua pilihan ini tentunya memiliki resiko masing-masing.

Perlu dipertimbangkan karena ini mencakup masa depan bisnis anda, akan berlangsung seperti apa? Misalnya anda memilih untuk berhutang, itu artinya bisnis anda harus berjalan dengan baik khususnya dalam beberapa tahun awal agar anda bisa mencicilnya.

2. Mencari Lokasi Yang Strategis

Salah satu faktor penentu sukses tidaknya sebuah usaha adalah dengan menentukan lokasi. Pastikan anda memilih lokasi yang tepat, ketika memilih lokasi yang tidak baik maka akan mempengaruhi prospek usaha anda kedepan.

Dimana lokasi yang strategis?

Tentu yang dekat dengan area sekolah, instansi, perkantoran, dll. Karena kalangan dari mereka lebih membutuhkan jasa dari bisnis ini dibandingkan yang lainnya dengan begitu anda akan lebih cepat memperoleh keuntungan.

3. Pilih Mesin FotoCopy Yang Tepat

Sekarang ini banyak menjamur mesin foto copy dengan beragam merek, model, dan fungsinya. Yang mana pilihan anda ini akan berpengaruh pada modal. Misalnya saja anda ingin membeli sebuah mesin foti copy yang multifungsi (fotocopy, scanner, printing, dll) tentu biaya yang akan disiapkan pun lebih besar dari sebuah mesin foto copy biasa (analog).

4. Cross Selling

Jangan hanya mengandalkan jasa foto copy saja, anda juga bisa menambahkannya dengan menjual jasa yang berhubungan dengan foto copy. Seperti jasa jilid, laminating, scanning, dan barang-barang ATK (Alat Tulis Kantor).

Jika perlu mengadakan jasa pengetikan atau printing. Karena jika hanya mengandalkan jasa foto copy saja, akan membutuhkan waktu lama untuk balik modal.

5. Membuat Rencana Bisnis

Ada baiknya jika anda menyiapkan rencana terlebih dahulu untuk memulainya. Entah itu pebisnis pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Surveilah pengeluaran yang akan anda gunakan seperti perkiraan harga mesin foto copy, sewa tempat, dll.

Semua dibuat rencana bisnis fotocopy hingga rancangan estimasi pengeluaran dan pendapatan per bulan, jangan sampai kita berani nekat memulai ide bisnis tanpa rencana yang matang, kecuali siap kehilangan dana jika terjadi kerugian.

6. Berikan Layanan Yang Memuaskan

Apabila semua telah selesai dirancang dan anda telah memulai membukanya. Pastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Contohnya mungkin dengan pelayanan yang ramah dan gesit dalam kecepatan pemesanan.

Itulah sebabnya bisa kita dapati, pekerja di foto copy sangat gesit dalam melakukan pekerjaan seperti menghitung jumlah kertas, memotong sesuai ukuran, dan lain sebagainya.

7. Jalin Relasi

Salah satu kesuksesan dari berbisnis yakni dengan menjalin banyaknya relasi. Karena relasi yang banyak juga akan menarik pelanggan yang banyak. Apalagi di era modern seperti ini, dimana persaingan pasar semakin ketat. Kompetisinya pun sangat tinggi.

Begitulah tips-tips peluang usaha yang sekiranya dapat kami sampaikan. Semoga dapat digunakan dengan baik. Selamat berbisnis. Bersiaplah untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *